CARA DAFTAR DISTRIBUTOR NASA, PEMBELIAN PRODUK ECER MAUPUN GROSIR, PRODUK KECANTIKAN, KESEHATA, PERTANIAN, PETERNAKAN, PUPUK SAWIT, PUPUK KARET, PUPUK PADI, VITANIN TERNAK AYAM, VITANIN TERNAK BABI, VITANIN TERNAK SAPI, VITANIN TERNAK KAMBING, VITANIN TERNAKTAMBAK UDANG, VITANIN TERNAK KOLAM LELE, STOKIS NASA KEDIRI, STOKIS NASA NGANJUK, STOKIS NASA MADIUN, STOKIS NASA CARUBAN, STOKIS NASA BLITAR, STOKIS NASA TANJUNGANOM

Tips Mengatasi Hama Dan Penyakit Kopi

Sebelum saya melanjutkan artikel sebelumnya mengenai Pupuk Merangsang Pembuahan Kopi dan menjelaskan mengenai Tips dan Cara Mengatsi Hama dan Penyakit Kopi, Tidak afdhol kalau kita belum kenalan 
Nama saya Rinda Handayani
Distributor resmi PT.Natural Nusantara
dengan kode ID N-393316
Telf /wa/sms : +62 855 7484 4543 / 0852 3212 8980
BBM : D1FFBD9D
Email : dion84pratama@gamil.com
PENGENDAIAN HAMA DAN PENYAKIT MENGGUNAKAN 
PUPUK ORGANIK NASA
Tips Mengatasi Hama Dan Penyakit Kopi
A. HAMA
  • Bubuk buah kopi penyerangan biasanya padasaat penyimpanan buah dan pada saat masih di kebun. Cara pencegahannya penyemprotan menggunakan PESTONA atau BVR secara bergantian.
  • Penggerak cabang coklat dan hitambiasanya menyerang ranting dan cabang pencegahannya dengan menyemprotkan PESTONA.
  • Kutu dompolan biasanya menyerang kuncup bunga, buah muda, ranting, dan daun muda lakukan pencegahan dengan pemberian PESTONA, BVR atau PENTANA + AERO 810 secara bergantian.
B. PENYAKIT
  • Penyakit karat daun di sebabkan oleh Hemileia vastatria, pencegahannya dengan menyemprotkan Natural GLIO + POC NASA.
  • Penyakit Jamur Upas di sebabkan oleh Carticium salmonikolor pencegahannya dengan cara kurangi kelembapannya lali kerok dan oleskan batang atau ranting dengan Natiral GLIO + POC NASA.
  • Penyakit akar hitam di tandai dengan daun menguning, layu, menggantung dan gugur. Lakukan pencegahan sejak awal dengan pemberian Natural GLIO yang telah di campur menggunakan pupuk kandang matang.
  • Penyakit akar coklat di sebabkan oleh Fomes lamaoensis atau phellinus lamaoensis lakukan pencegahan dengan memberikan Natural Glio yang telah di campur mengguakan pupuk kandang matang.
  • Penyakit bercak coklat pada daun pencegahannya dengan pemberian Natural GLIO sejak dini
  • Penyakit mati ujung pada ranting pencegahannya dengan pemberian Natural GLIO sejak awal tanam.
Catatan : Jika pengendalian hama dan penyakit menggunakan pestisida alami belum mengatsi maka alternatif terakir yang di ambil bisa gunakan pestisida kimia yang telah di anjurkan. agar penyemprotan merata dan tidak mudah hilang oleh air hujan tambahkan AERO 810 dosis 0,5 tutup per tangki.
Penyebab Kerusakan Kopi Beras :
  1. Biji keriput : asal buah masih muda
  2. Biji berlubang : Kopi terserang bubuk
  3. Biji kemerahan : Kurang bersih pencuciannya
  4. Biji pecah : mesin pengupas kurang sempurna, berasal dari buah yang terserang bubuk, pada saat pengupasan dengan mesin kopi telah kering
  5. Biji pecah diikuti dengan perubahan warna : mesin penguap dan pemisah kulit dengan biji kurang sempurna, fermentasi pada pengolahan basah kurang sempurna.
  6. Biji belang : pengeringan tidak sempurna, terlalu lama di simpan, dan suhu penyimpanan terlalu lembap.
  7. Biji pucat : Terlalu lama di simpan di tempat lembap 
  8. Biji berkulit ari : pengeringan tidak sempurna atau terlalu lama, pada pengeringan buatan suhu awal terlalu rendah.
  9. Biji berwarna kelabu hitam : pada pengeringan buatan suhunya terlalu tinggi.
  10. Noda-noda coklat hitam : pada pengeringan buatan, kopi tidak sering di aduk atau di bolak balik.
Demikian penjelasan singkat mengenai Tips Mengtasi Hama dan Penyakit Kopi. untuk membaca artikel lainnya seputar pertanian, peternakan dan kesehatan ada di sini

0 comments:

Post a Comment

Flag Counter