CARA DAFTAR DISTRIBUTOR NASA, PEMBELIAN PRODUK ECER MAUPUN GROSIR, PRODUK KECANTIKAN, KESEHATA, PERTANIAN, PETERNAKAN, PUPUK SAWIT, PUPUK KARET, PUPUK PADI, VITANIN TERNAK AYAM, VITANIN TERNAK BABI, VITANIN TERNAK SAPI, VITANIN TERNAK KAMBING, VITANIN TERNAKTAMBAK UDANG, VITANIN TERNAK KOLAM LELE, STOKIS NASA KEDIRI, STOKIS NASA NGANJUK, STOKIS NASA MADIUN, STOKIS NASA CARUBAN, STOKIS NASA BLITAR, STOKIS NASA TANJUNGANOM

Cara Budidaya Jamur Kuping Secara Lengkap

Jamur Kuping atau biasa di sebut sebagai "lember" oleh masarakat SUNDA semacam jamur yang tumbuh di sisa-sisa tumbuhan yang tersisa atau kayu yang lembap. Jamur kuping di sebut sebagai tumbuhan berdaun yang lebar menyerupai telinga manusia ( telinga).

Ada 4 Jenis jaur kuping di antaranya adalah
1. Auricularia Auricula ( tubuh buah lebar dan tebal)
2. Auricularia polytricha ( tumbuh buah kecil dan tebal)
3. Auricularia Cornea ( seperti Auricularia Auricula)
4. Auricularia Fuscosuccinea ( seperti Auricularia polytricha)

Beberapa nama setempat / lokasi jamur kuping yang sering di dengar : 
Indonesia : Jamur kuping, supa lember (sunda), kupping lowo (jawa), kuping tikus dll
China/ Taiwan/ Vietnam : mouleh, Yung-Ngo, Muk-Ngo, Mu-Er, Mo-Ur.
Jepang : Kikurage, Mokurage, Senji, Arage,
Hongkong, Singpura : Mouleh, Jew's ear-fungi
Amerika Serikat : Tree-eat, Jew's ear-fungi, Gelatinous fungi.

Warna tumbuh buah pada umumnya hitam atau coklat kehitaman akan tetapi ada pula yang memiliki warna coklat tua. Adapun yang memiliki nilai bisnis yang tinggi adalah warna coklat di bagian atas tubuh buah dan warna hitam pada bagian bawah tubuh buah, seta ukuran tubuh buahnya relatif kecil.

Siklus hidup jamur kuping seperti halnya JAMUR TIRAM maupun Shitake meliputi : tubuh buah sudah tua menghasilkan spora yang berbentuk kecil, ringan dan berhumlah banyak. selanjutnya spora tersebut jatuh pada tempat yang sesuai dengan persyaratan hidupnya seperti kayu mati atau bahan berselulosa dan dalam kondisi lembap, maka spora tersebut akan berkecambah membentuk miselia dengan tingkatan :
Miselia primer ( yang tumbuh terus membanyak dan meluas), Miselia skunder yang membentuk primordial ( penebalan miselia pada bagian permukaan miselia skunder dengan diameter 0,1 cm)Dari primordial akan tumbuh dan berbentuk kuncup tubuh buah pada tingkat awal yang semakin lama semakin membesar ( 3 - 5 hari). Dari primordial tersebutakan tumbuh buah jamur yang berbentuk melebar, serta pada saat tua akan di panen.

Jamur kuping merupakan salah satu konsumsi jamur yang memiliki sifat saat di keringkan lama, kemudian di rendam dengan air dalam waktu relatif singkat akan kembali seperti bentuk dan ukuran segarnya. Jamur kuping telah di jadikan sebagai bahan berbagai masakan seperti sayur kimlo, nasi goreng jamur, tauco jamur, sukiyaki, dan bakmi jamur dengan rasa yang lezat dan tekstur lunak yang terasa segar dan kering.

Agrobisnis Jaur memiliki prospek cerah untuk di kembangkan ke sekala agro industi di karenakan agroindustriini tidak menggunakan lahan yang terlalu luas, bahan baku untuk penanaman jaur dalam bentuk limbah seperti serbuk gergaji, bekatul, serpihan kayu, serta waktu penanaman hingga pemanenan relatif singkat, harga jual jamur tinggi, dan aspek nilai gizi untuk kesehatan dan pengobatan. Selain aman untuk di konsumsi, bersifat non kolesterol, dan berkasiat sebagai obat dan penawar racun yang di hasilkan dari lendir jamur kuping.

Budidaya jamur kuping meliputi proses pembuatan bibit dan proses produksi jamur. Budidaya jamur kuping dapat di lakukan di batang batang kayu dengan perlakuan tertentu agar tumbuh dengan baik dan maksimal. Perkembangan teknik budidaya jamur kuping dengan menggunakan serbuk kayu atau serbuk gergajian. Cara ini sangatlah menguntungkan karena petani dapat menambah nutrisi kedalam media tanam sehingga pertumbuhan jamur menjadi optimal.

Setelah menyeleksi jamur akan di budidayakan, langkah budidaya di mulai dengan pembuatan bibitkjamur pada media tanam. Tahap berikutnya adalah pemeliharaan jamur selama proses budidaya, panen jamur, penanganan paska panen serta memasaran. Agar hasilnya maksimal, setiap tahapan harus di lakukan dengan baik termasuk penyiapan media tanam. Untuk media tanam bisa di gunakan batang atau serbuk kayu.

Manfaat Dan Kegunaan Jamur Kuping, dari segi gastronomik ataupun organoleptik ( rasa , aroma dan penampilan ), jamur kuping kurang menarik bila di hidangkan sebagai bahan makanan. Namun jamur kuping sudah di kenal dekat sebagai bahan makanan yang memiliki kasiat sebagai obat dan penawar racun.

Lendir yang di hasilkan jamur kuping selama di masak bisa sebagai pengental. Lendir jaur kuping dapat menonaktifkan atau menetralkan kolesterol. Jamur kuping dapat di bedakan berdasarkan bentuk, ketebalan, dan warnanya. Jamur kuping mempunyai bentuk tubuh yang kecil ( sering di sebut dengan jamur kuping tikus) di gemari oleh konsumen karena warnanya lebih muda, dan rasanya sesuai dengan selera. Jamur kuping yang tubuh buahnya melebar (jamur kuping gajah) rasanya sedikit kenyal atau alot sehingga kurang di senamgi karena harus di iris kecil-kecil bila akan di masak. Jamur kuping selain untuk bahan makanan juga untuk ramuan pengobatan. Untuk mengurangi panas dalam, mengurangi rasa sakit pada kulit akibat luka bakar dll.

Kandungan nutrisi jamur kuping terdiri dari kadar air 89,1. protein 4,2. Lemak 8,3. karbohidrat total 82,8 serat 19,8. abu 4,7 dan nilai energi 351. Jamur kuping di panaskan maka lendir yang di hasilkan oleh masyarakat dan tabib pengobatan memiliki khasiat :
Penangkar atau penonaktif racun baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, bahkan sampai ke racun berbentuk logam berat. Hampir semua ramuan masakan China jamur kuping selalu di tambahkan untuk tujuan menonaktifkan racun yang terbawa dalam makanan. Kandungan senyawa lendir dalam jaur kuping, efektif untuk menghambat pertumbuhan carcinoma dan sarcoma (kanker) sampai 80 - 90 %. Berfungsi juga untuk anti koagulan bahkan menghambat penggumpalan darah. Lendir jamur kuping dapat menghambat dan mencegah penggumpalan darah.

Manfaat jamur kuping untuk pengobatan penyakit antara lain : Darah tinggi / pembuluh darah mengeras akibat penggumpalan darah ( 3 gram jaur kuping kering, rendam semalam dan buang airnya hingga tinggal jaur basah, tambahkan dalam rantang, tambahkan air bersih dan kukus hingga lunak, tambahkan gula batu secukupnya, dan makan secukupnya sehari 1 kali). Kurang darah dengan memakan jamur kuping 30 gram, di tambah 30 gram kurma, di tambah air bersih 5 gelas di rebus hingga irnya tersisa 1 gelas. Hal ini juga dapat di terapkan untuk penyakit wasir / ambeyen, datang bulan tudak lancar dan juga mempelancar buang air besar. Jamur kuping juga bisa di masak bersama sayuran yang lain.

Masa Panen Jamur Kuping >> Budidaya dengan lod tanam sal serbuk gergajian kayu memerlukan waktu sekitar 3 bulan hingga panen, sementara denganlog tanamasal batang kau dapat lebih dari 5 bulan, tetapi hasil dari log kau cenderung di gemari dengan harga lebih mahal. Masa panen untuk log tanam berbentuk "kantong Plastik" dapat mencapai 1 - 2 bulan terus menerus dengan interval waktu 1 - 2 mingguhingga semua bagian dari log tanam di tumbuhi jamur. Sementara untuk masa panen untuk log kayu umumnya lebih dari 4 bulan baru akan nampak, serta pertumbuhan ini akan terus menerus berlangsung sampai 3 - 4 bulan jika lingkungan log tanam dan tempatnya di pelihara dan di atur secara baik.

Aspek Pemasaran Jamur Kuping >>  Baik dalam keadaan segar (umumnya hasil panen dari alam) atau dalam keadaan kering (hasil budidaya) harga jamur kuping lebih mahal kalau di bandingkan dengan harga jaur lainnya seperti tiram maupun merang. Jenis jamur kuping yang paling banyak di jual di lingkungan toko onat cina atau shinshe yang memiliki bentuk kecil atau bertubuh buah tipis dalam keadaan kering, umumnya berasal dari taiwan atau dataran China yang di sebut mouleh.

Secara umum pangsa pasar di dunia, jamur kuping menduduki tempat paling bawah di samping jamur kancing, jamur shiitake, jamur merang dan sebagainya. Di pangsa pasar asia, terutama kawasan China, Hongkong, Singapura, Malaysia dan sebagainya di mana penduduk etnis China banyak berdiam, pangsa jamur kuping sangat tinggi terutama dalam bentuk kering.

Bahkan di Indonesia, Denganpenduduk asal Chian cukup banyak, dan kebutuhan jamur kuping masih harus di datangkan dari RRC, Thailan, Vietnam dsb dalam bentuk kering.serta yang masih segar, pada umumnya masih berupa hasil alam pada permulaan musim hujan atau menjelang musim kemarau, karena pada musim tersebut, jamur kuping banyak di dapatkan tumbuh pada batang kayu kering di hutan.

=======================================================
Cara Budidaya Jamur Kuping Secara Lengkap

Budidaya Jamur Kuping Dengan Produk Organik NASA

Peluang Usaha Jamur Kuping sakarang makin merebak. Sekarang muncul budidaya jamur kuping dengan metode suntik caranya cukup menyuntikkan di tengah baglog atau medianya dengan kombinasi nutrisi dan zat pengatur tumbuh dari bahan organik. Setiap baglog cukup 5 ml dengan interval 1 minggu sekali. Sebagai NUTRISI menggunakan POC NASA dan zat pengatur tumbuh HORMONIK. dengan takaran 300 cc dan 10 cc untuk HORMONIK.

Dengan metode ini dapat meningkatkan hasil panenya dari 8 kg / 1000 baglog / 3 hari. meningkat menjadi 8-10 kg / 1000 baglog / hari. selain itu juga hasil panenya cenderung lebih tebal dan segar tahan lama.

Dengan tambahan biaya untuk pembelian POC NASA dan HORMONIK ini rata rata akan meningkatkan hasil panen hingga 3 - 5x lipat di setiap periodenya ( 5- 6 Bulan.

Semoga artikel ini dapat membantu par petani JAMUR KUPING. salam sukses bersama PT.Natural Nusantara.

1 comment:

  1. Pemupukanya dilakukan saat sesudah penyobekan plastik atau sebelum juga sudah dipupuk

    ReplyDelete

Flag Counter