CARA DAFTAR DISTRIBUTOR NASA, PEMBELIAN PRODUK ECER MAUPUN GROSIR, PRODUK KECANTIKAN, KESEHATA, PERTANIAN, PETERNAKAN, PUPUK SAWIT, PUPUK KARET, PUPUK PADI, VITANIN TERNAK AYAM, VITANIN TERNAK BABI, VITANIN TERNAK SAPI, VITANIN TERNAK KAMBING, VITANIN TERNAKTAMBAK UDANG, VITANIN TERNAK KOLAM LELE, STOKIS NASA KEDIRI, STOKIS NASA NGANJUK, STOKIS NASA MADIUN, STOKIS NASA CARUBAN, STOKIS NASA BLITAR, STOKIS NASA TANJUNGANOM

Teknik Cara Budidaya JAMUR MERANG Lengkap

Cara Budidaya JAMUR MERANG

Jamur Merang (Valvariella Sp) merupakan salah satu jenis jamur yang banyak di gemari konsumen, bukan hanya karena rasanya yang enak dan nikmat, jamur merang juga memiliki banyak manfaat bagi para penggemarnya. Di dalam tubuh jamur merang yang bulat dan kecoklatan tersebut, sedikitnya terkandung protein sekitar 3,2 gram dalam setiap 100 gram jamur segar. Selain itu jamur merang juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang juga cukup tinggi, yaitu 51 mg dan 223 mg, serta mengandung 105 kj kalori dengan kandungan lemak rendah 0,9 gram.
Hal ini yang mendorong masarakat mulai berminat untuk memanfaatkan jamur merang sebagai salah satu alternatif bahan pangan yang baik untuk kesehatan.

Secara umum budidaya jamur merang tidaklah terlalu sulit dan biasanya jamur merang mampu untuk bertahan hidup di daerah bersuhu tinggi antara 30 - 38 derajat Celcius, sehingga tidak heran bila jamur merang banyak di budidaya di kawasan Asia Timur sampai Asia Tenggara yang memiliki iklim tropis dan subtripis.

Media tanam untuk budidaya jamur merang dapat menggunakan jerami atau merang, limbah pabrik kertas, ampas batang aren, limbah kelapa sawit, ampas sagu, sisa kapas, kulit buah pala, sisa tanaman jagung , daun pisang, serbuk gergaji kayu, dll. Bagi anda yang berminat memulai bisnus Jamur Merang, beberapa kami akan menginformasikan beberapa cara budidaya jamur yang harus di perhatikan.
Teknik Cara Budidaya JAMUR MERANG Lengkap

Persiapkan Bibit Jamur Merang menjadi poin penting dalam menekuni bismis budidaya jamur merang. Bagi anda yang membudidayakan JAMUR MERANG sekala rumah tangga, alangkah lebih efektih anda memulai dengan bibit F3 menjadi F4 dan di budidayakan hingga masa panen tiba. sedangkan anda yang tertarik membangun perusahaan JAMUR MERANG dengan sekala industri, tidak ada salahnya anda membiakkan bibit murni, bibit F1, F2, F3 dan F4 dengan bantuan fasilitas yang memadai.

Teknik Budidaya Jamur Merang. Apabila persiapan bibit sudah selesai, maka tahap selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu mempersiapkan teknik budidaya jamur yang akan di gunakan. Berikut ini adalah tahapan tahapan yang di perlukan dalam pembudidayaan jamur merang.

Persiapan Media Tanam. Pada dasarnya jamur merang memiliki habitat hidup di tempat-tempat berupa sisa tumbuhan atau makhluk hidup yang telah mengalami pelapukan atau pembusukan. Untuk menyiasatinya, anda bisa membuat media buatan dari campuran jerami padi dan kapas (50%- 50%), kapur pertanian (2% dari berat jerami dan kapas), Bekatul (10%) dan urea (1%)

Fermentasi. Untuk mempercepat pelapukan media, Anda bisa melakukan proses fermentasi dengan cara memorong jerami padi dengan ukuran 10-15 cm, campur dengan kapas dan kapur lalu rendam dalam air selama 24Jam. Setelah itu angkat campuran media tersebut dan tumpuk di atas lantai dengan ukuran 1,5 m x 1,5 m x 1,5 m. tutup tumpukan media tersebut dengan plastik, dan diamkan 4-6 hari. Setiap 2 - 3 haricampuran media harus di bolak balik, sebelum akirnya di tambahkan 10% dedak, 1% superpospat, dan 1 % kapur pertanian.

Stirilisasi Dalam Kumbang jamur, Tahapan stirilisasi dilakukan dengan cara memasukkan media tanam secara merata yang telah di siapkan dalam kumbang jamur, buatlah ketbalan media dengan ukuran 15-20 cm. Tutup rapat kumbang jamur, lalu alirkan uap panas dalam kumbang jaur tersebut. Proses ini di lakukan selama 2 - 4 jam hingga suhu di dalam kumbang jamur naik sampai 70C, salanjutnya diamkan rumah kumbang jamur sekitar 24 Jam, hingga suhu kembani turun menjadi 32- 35C.

Inokulasi (penanaman bibit) Penanaman bibit jamurr merang di lakukan dengan penebaran langsung bibit ke rak tanam yang telah di setirilkan. Apabila anda menggunakan media tanam dengan ukurn tinggi sekitar 15 - 20 cm, dan panjang 3 m dan lebar 1 m, di perkirakan bibit jamur yang di butuhkan berkisar 10-14 botol bibit jamur merang dengan isi 220 cc.

Inkubasi adalah Proses inkubasi bibit jamur merang bisa anda lakukan di rumah kampung jamur. Idealnya tingkat suhu yang di buthkan adalah 32 - 35C, dengan kelembapan 65%, dan bantuan cahaya lampu TL sebesar 60 watt. Di samping itu untuk mempercepat pertumbuhan misellium, kumbung jamur harus tetap harus di tutup selama 3 - 4 hari. Dan setelah 4 - 8 hari biasanya misellium akan tumbuh membentuk primordia jamur, hingga pada akirnya bisa di panen setelah 8 - 12 hari. Waktu panen jamur merang yang paling tepat adalah di saat kuncupnya belum mekar. Bila jamur di panen ketika kuncupnya telah mekar, maka nilai ekonominya akan turun dan kurang di minati pasar.

PUPUK NASA PADA BUDIDAYA JAMUR MERANG

Pupuk Organik Nasa dari PT.Natural Nusantara telah membuktikan kwalitasnya di dalam mendukung agrobisnispembudidayaan jamur di Indonesia, hal ini bisa kita saksikan dari banyaknya permintaan Pupuk Organik NASA oleh para pelaku bisnis jamur dan dan dari testimoni mereka yang telah melihat hasil panen jamur mereka yang meningkat drastis setelah menggunakan PUPUK organik NASA.
Teknik Cara Budidaya JAMUR MERANG Lengkap
Pupuk Nasa Untuk Budidaya Jamur , ada 2 jenis pupuk nasa yang di gunakan yaitu POC NASA dan HORMONIK.
Cara Penggunaan atau penguplikasiannya yaitu dengan cara 5 tutup POC NASA + 2 Tutup HORMONIK di campur dengan air gula (1/4 kg). Kemudian campurkan secara merata ke media untuk 300 baglog.
Dengan adanya artikel singkat ini di harapkan para pembaca tidak perlu berfikir lama untuk segera memulai terjun ke bisnis Jamur Merang. Dengan membekali diri tentang Cara Budidaya Jamur Merang dan akan lebih baik jika di dukung dengan mengikuti pelatihan-pelatihan tentang dunia berbisnis dan berbudidaya jamur, agar wawasan lebih luas.

Untuk Pemesanan Pupuk Organik NASA hubungi
Telf/ Wa : 082334020868 0852-3212-8980
BBM : D1FFBD9D

0 comments:

Post a Comment

Flag Counter