CARA DAFTAR DISTRIBUTOR NASA, PEMBELIAN PRODUK ECER MAUPUN GROSIR, PRODUK KECANTIKAN, KESEHATA, PERTANIAN, PETERNAKAN, PUPUK SAWIT, PUPUK KARET, PUPUK PADI, VITANIN TERNAK AYAM, VITANIN TERNAK BABI, VITANIN TERNAK SAPI, VITANIN TERNAK KAMBING, VITANIN TERNAKTAMBAK UDANG, VITANIN TERNAK KOLAM LELE, STOKIS NASA KEDIRI, STOKIS NASA NGANJUK, STOKIS NASA MADIUN, STOKIS NASA CARUBAN, STOKIS NASA BLITAR, STOKIS NASA TANJUNGANOM

Pemupukan Kakao Dan Mengatsi Hama Penyakit Kakao

Tabel Pemupukan Tanaman Kakau

Umur
(Fase)
Satuan
JENIS PUPUK (makro)
urea
TSP/SP36
KCL
Kieserit
Bibit
g/bibit
5
7
4
4
0 – 1 th
g/bibit/th
25
33
20
40
1 – 2 th
g/bibit/th
45
60
35
40
2 - 3 th
g/bibit/th
90
120
70
60
4 – 4th
g/bibit/th
180
140
135
75
4 – 5th
g/bibit/th
220
240
170
120
Sumber ; puslit kopi dan kakau

Umur
(Fase)
Satuan
JENIS PUPUK (makro)
0 – 1TH
Ttp/tangki
4
1
3kg/h

1 – 2TH
Ttp/tangki
4
1
3kg/ha

2 – 3TH
Ttp/tangki
4
1
3kg/ha

3 – 4TH
Kg/ha
-
-
3
3 - 6
4 – 5TH
Kg/ha
-
-
3
3 - 6
5 – 6TH
Kg/ha
-
-
3
3 - 6


HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KAKAO
Yang terbaik adalah pengendalian penyakit terpadu. Yaitu penggunaan musuh-musuh alami dan memadukan cara-cara budidaya yang tepat. Namun jika serangan hama dan penyakit melebihi ambang ekonomi baru boleh menggunakan pengendalian secara kimia.

PENYAKIT KAKAO 
  1. Penyakit Busuk Buah di sebabkan oleh Phintopthora palmivora, pencegahannya semprot Natural GLIO + POC NASA.
  2. Penyakit Jamur Upas di sebabkan oleh Carticium salmonikolor : kurangi kelembapan, kerok dan pencegahan oleskan batang atau ranting dengan Natural GLIO + HORMONIK.
  3. Penyakit Akar Hitam penyebab reselia bunodes dan R. acuate. Di tandai dengan daun menguning layu, menggantung dan gugur. Pencegahan sejak awal dengan Natural GLIO. yang telah di campur dengan pupuk kandang matang.
  4. Penyakit Akar Coklat penyebabnya : Fomes lamaoensis atau Phellinus lamaoensis pencegahan dengan Natural GLIO yang telah di campur dengan pupuk kandang matang.
  5. Penyakit Bercak Coklat Pada Daun yang di sebabkan oleh Cercospora cafeicola Berk ed Cooke pencegahan dengan Natural Glio
  6. Penyakit Mati Ujung Pada Ranting penyebabnya adalah Rhizoktonia. Pencegahan sejak awal gunakan Natural GLIO.
HAMA KAKAO
  1. Ulat Kilan (hiposidea infixaria, famili : Geometridea) menyerang pada umur 2 - 4 bulan. pencegahan dengan Pestona.
  2. Ulat Jaran/ Kuda (Dasychira inclusa, famili, Limanthriidae). Pengendalian dengan musuh alami predator Apanteles mendosa dan Carcelia spp, dan semprot denga Pestona.
  3. Perasa lepida dan Ploneta diducta (ulat Srengenge) menyerang kincup bunga, buah muda, ranting dan daun muda, pencegahnnya gunakan Pestona.
  4. Kutu-kutuan (Pseudococcus lilancinus ) menyerang pada pangkal buah, buah yang masih kecil. Pengendaliannya tanaman di pangkas lalu di bakar, dengan musuh alami predator, schymus sp, Semut hitam, parasit. Coccophagus pseudococci BVR atau Pestona.
  5. Helopeltis antoni menusukkan ovipesitor atau meletakkan telurnya ka dalam buah yang masih muda, tunas dan buah muda. Pengendalian dengan pestona dengan dosis 5 - 10 cc / liter (pada buah yang terserang) hari pertama semprot stadia imago, hari ke 7 di lakukan terhadap nimfa yang masih hidup, sehingga pengendalian benar- benar efektif, sanitasi lahan, pembuangan buah yang sudah terserang.
  6. Cacao mot (ngengat buah) Acrocercops cranerella (famili : Lithocollrtidae) serangan pada buah muda. Pengendalian sanitasi lingkungan kebun, menyelubungi buah coklat dengan kantong plastik yang bagian bawahnya tetap terbuka (kondomisasi), pelepasan musuh alami semut hitam dan semprot dengan jamur antagonis Beauvaria bassiane (BVR) dan Pestona.
  7. Penyakit Busuk Buah ( Phytopthora palmizora) gejala serangan dari ujung buah atau pangkal buah nampak kecoklatan pada buah yang telah besar dan buah kecil akan langsung mati. Pengendaliannya membuang buah terserang dan di bakar, pemangkasan teratur dan semprot dengan Natural GLIO.
  8. Jamur Upas (Upasia salmonikolor) menyerang batang dan cabang. Pengendalian, kerok dan oleskan ke batang atau cabang terserang dengan Natural GLIO + HORMONIK, pemmangkasan teratur, jika terjadi serangan berlanjut di potong lalu di bakar.
Catatan : Jika pengendalian hama dan penyakit dengan menggunakan pestisida alami belum mengatasi dapat di pergunakan pestisida kimia yang di anjurkan. Agar penuyemprotan pestisida kimia lebuh merata dan tidak mudah hilangoleh air hujan tambahkan perekat dan perata AERO 810, dengan dosis 5ml/setengah tutup per tangki.
Untuk info lebuh lanjut dan konsultasi 
WA.+62-855-7484-4543/ bbm. DIFFBD9D /  0852-3212-8980

0 comments:

Post a Comment

Flag Counter