CARA DAFTAR DISTRIBUTOR NASA, PEMBELIAN PRODUK ECER MAUPUN GROSIR, PRODUK KECANTIKAN, KESEHATA, PERTANIAN, PETERNAKAN, PUPUK SAWIT, PUPUK KARET, PUPUK PADI, VITANIN TERNAK AYAM, VITANIN TERNAK BABI, VITANIN TERNAK SAPI, VITANIN TERNAK KAMBING, VITANIN TERNAKTAMBAK UDANG, VITANIN TERNAK KOLAM LELE, STOKIS NASA KEDIRI, STOKIS NASA NGANJUK, STOKIS NASA MADIUN, STOKIS NASA CARUBAN, STOKIS NASA BLITAR, STOKIS NASA TANJUNGANOM

HAMA PENYAKIT PADI DAN PENGENDALIANNYA

HAMA PENYAKIT PADA TANAMAN PADI 082334020868
082334020868 / 085232128980
JENIS JENIS HAMA TANAMAN PADI

A. hama putih ( NYMPHULA DEPUNCTALIS ) Gejala :
menyerang daun bibit,kerusakan daun bibit,kerusakan berupa titik titik yang memanjang sejajar tulang daun,ulat menggulung daun padi,

PENGENDALIAN:
1. pengaturan air yang baik,penggunaan bibit sehat,melepaskan musuh alami,menggugurkan tabung daun.
2. menggunakan BVR atau PESTONA.

B. padi thrips ( THRYPS ORYZAE ) Gejala :
daun menggulung dan berwarna kuning sampai kemerahan ,pertumbuhan bibit terlambat,pada tanaman dewasa gabah tidak berisi.

PENGENDALIAN : BVR atau PESTONA.
Agen Hayati BVR
C. wereng penyerang batang padi,Gejala :
Wereng padi coklat  ( NILAPARVATA LUGENS ),wereng padi berpunggung putih ( sagotella furcifera ) wereng penyerang daun padi,wereng padi hijau ( NEPHOTETTIX APICALIS dan N IMPICTICEP ) Merusak dengan cara menghisap cairan batang padi dan dapat menularkan virus.Gejala :tanaman menjadi kuning dan mengering menjadi kerdil,

PENGENDALIAN ;
1. bertanam padi serempak,menggunakan varitas tahan wereng seperti ; IR 36,IR 58,IR-64,Cimanuk,progo dsb.membersihkan lingkungan ,melepas musuk alami seperti: laba laba,kepinding dan kumbang lebah.
2. penyemprotan BVR.

D. Walang sangit ( LEPTOCORIZA ACUTA ) Menyerang buah padi yang masak susu,gejala buah hampa atau berkualitas rendah seperti berkerut,berwarna coklat dan tidak enak.pada daun terdapat bercak bekas isapan dan bulir padi berbintik bintik hitam.

PENGENDALIAN :
1. Bertanam serempak,peningkatan kebersihan memusnahkan telur,melepas musuh alami seperti jangkrik,laba laba.
2. penyemprotan BVR dan PESTONA.

E. Kepik hijau ( NEZARA VIRIDULA ) menyerang batang dan buah padi,Gejala: pada batang terdapat bekas tusukan ,buah padi yang di serang memiliki noda bekas isapan dan pertumbuhan tanaman terganggu.

PENGENDALIAN:
Mengumpulkan dan memusnakan telur telurnya,penyemprotan BVR dan PENTANA.

F. Penggerak batang padi,terdiri atas; Penggerak batang padi putih ( TRYPORHYZA INNOTATA),kuning ( T,INCERTULAS ) bergaris ( CHILO SUPRESSALIS ) dan merah jambu ( SESAMIA INFERENS ),menyerang batang dan pelepah daun ,Gejala : pucuk tanaman layu,kering berwarna kemerahan dan mudah di cabut,daun mengering dan seluruh batang kering,kerusakan pada tanaman muda di sebut hama " SUNDEP" dan pada tanaman bunting ( pengisian biji ) di sebut beluk

PENGENDALIAN:
1. menggunakan varitas tahan,meningkatkan kebersihan lingkungan,menggenangi sawah selama 15 hari setelah panen agar kepompong mati,membakar jerami.
2. menggunakan BVR dan PESTONA.

G. hama tikus ( RATTUS ARGENTIVENTER ) menyerang batang muda ( 1-2 bulan ) dan buah .gejala : adanya tanaman padi yang roboh pada petak sawah dan pada serangan hebat di tengah petak tidak ada tanaman,tanam serempak,sanitasi,gropyokan,melepas musuh alami seperti ular dan burung hantu.

H. Burung,menyerang menjelang panen,tangkai buah patah,biji berserakan .pengendalian : mengusir dengan bunyi bunyi atau orang orangan.
pestona
CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI, CARA MENGATASI HAMA WERENG PADA TANAMAN PADI, CARA MENGENDALIKAN KRESEK PADA PADI, CARA MENGATASI WALANG SANGIT TANAMAN PADI, PESTONA NASA UNTUK PADI, BVR UNTUK HAMA PADI.

0 comments:

Post a Comment

Flag Counter