CARA DAFTAR DISTRIBUTOR NASA, PEMBELIAN PRODUK ECER MAUPUN GROSIR, PRODUK KECANTIKAN, KESEHATA, PERTANIAN, PETERNAKAN, PUPUK SAWIT, PUPUK KARET, PUPUK PADI, VITANIN TERNAK AYAM, VITANIN TERNAK BABI, VITANIN TERNAK SAPI, VITANIN TERNAK KAMBING, VITANIN TERNAKTAMBAK UDANG, VITANIN TERNAK KOLAM LELE, STOKIS NASA KEDIRI, STOKIS NASA NGANJUK, STOKIS NASA MADIUN, STOKIS NASA CARUBAN, STOKIS NASA BLITAR, STOKIS NASA TANJUNGANOM

Budidaya Jeruk Tehnologi PT. NASA


I. PENDAHULUAN
Prospek agro bisnis jeruk di Indonesia cukup bagus karena potensi lahan produksi yang luas. Melalui program peningkatan kualitas sumberdaya petani jeruk serta di dukung hasil inovasi tehnologi pemupukan dan hormon lain, pengelolahan hama dan penyakit terpadu, serta sistem budidaya lainnya yang semuanya di dasarkan pada sangat ramah lingkungan akan meningkatkan Kwalitas,dan Kwantitas produksi jeruk dengan tetap menjaga Kelestarian lingkungan.

 Perlu 6-9 bulan basah (hujan), curah hujan 1000-2000 mm/th merata sepanjang tahun, perlu air yang cukup terutama di bulan juli-agustus. Temperatur optimal antara 25-30 C dan kelembapan optimal 70-80% . Kecepatan angin lebih dari 40-48% akan marontokkan bunga dan buah. Ketinggian optimum antara 1 -1200 m dpl. Jeruk tidak suka dengan tempat yang terlindung dari sinar matahari. Jenis tanah Andosol dan Latosol sangat cocok, derajat keasaman tanah (Ph tanah) adalah 5,5-6,5. Air tanah optimal pada kedalaman 150-200cm di bawah permukaan tanah. Pada musim kemarau 150 cm dan pada musim hujan 50 cm. tanaman jeruk mempunyai air yang mengandung garam sekitar 10%.

3.1 Pembibitan 
3.1.1. Cara Generatif
biji di ambil dari buah dengan memeras buah yang telah di potong.Biji di keringkan di tempat yang tidak di sinari selama 2-3 hari hingga lendirnya hilang. Tanah persemaian di olah sedalam 30-40cm dan di buat petakan berukuran 1,15-1,20m pembujur dari utara ke selatan. jarak perakan 0,5-1m. Sebelum di tanami, tambahkan pupuk kandang 1kg/m2. Biji di tanam dengan alur dengan jarak tanam 1-1,5 x 2 cm dan langsung di siram dengan larutan POC NASA 1-2cc/lt air. Persemaian di beri atap. Bibit di pindah kedalan polibek 15x35cm setelah tingginya 20cm pada umur 3-5bulan. Media tumbuh pada polibek adalah campuran pupuk kandang dan sekam ( 2:1) atau pupuk kandang, sekam, pasir ( 1:1:1) atau cukup menggunakan tanah biasa di siram menggunakan larutan POC NASA (3-4ttp) + HORMONIK (1ttp) per 10-15 liter air.

3.1.2. Cara Vegetatif.
Metode dengan cara penyambungan tunas pucuk dan penempelan mata tempel. Untuk kedua cara ini perlu di persiapkan batang bawah (understam/rotstock) yang di pilih dari jenis jeruk dengan perakaran kuat dan luas, daya adaptasi lingkungan tinggi, tahan kekeringan, tahan/ toleran terhadap penyakit virus, busuk akar, dan nematode. Varietas batang bawah yang biasa di gunakan adalah Japanes citron, Rough lemen, Cleopatra, Troyer Citrange dan Carizzo citrange. Setelah penyambungan tunas pucuk atau penempelan mata tempel, segera di semprot manggunakan POC NASA (3-4ttp/tangki) + HORMONIK ( 1ttp/tangki).

3.1.2.1. Pengolahan Madia Tanam
Lahan yang akan di tanami di bersihkan dari tanaman lain atau sisa-sisa tanaman. jarak tanam berfariasi untuk setiap jenis jeruk dapat di lihat dari data berikut ini : (A) Keprok dan Siem jaraj tanam 5x5m (B) Manis: jarak tanam 7x7m (C) Citrun (citrone): jarak tanam 6x7m (D) Nipis: Jarak tanam 4x4m (E) Grepe fruit: Jarak tanam 8x8m (F) Besar: jarak tanam (10-12)x(10x12)m.
Lubang tanam di buat 2minggu sebelum tanam. Tanah bagian dalam di pisah dengan tanh bagian atas. Tanah berasal dari bagian atas di campur dengan 1-2kg pupuk kandang dan NATURAL GLIO yang sudah di kembang biakkan.
Pengembangan NATURAL GLIO: 1-2 kemas NATURAL GLIO di campur 50-100kg pupuk kandang untuk lahan 1000m2. Selanjutnya didiamkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari sekitar 1 minggu dengan selalu menjaga kelembapannya dan sesekali diaduk ( di balik)

3.1.2.2. Tehnik Penanaman
Bibit jeruk dapat di tanam pada musim hujan atau musim kemarau jika tersedia air untuk mengairinya, tapi sebaiknya di tanam pada awal musim hujan. Sebelum di tanam perlu di lakukan : (A) pengurangan daun dan cabang yang berlebihan (B) Pengurangan akar (C) Pengaturan posisi akar agar tidakada yang terlipat.                                                                                                                   setelah bibit di tanam, siram pupuk POC NASA yang telah di campur air secara merata dengan dosis 1 ttp POC NASA per liter air setiap pohon. Hasil akan lebih bagus jika menggunakan SUPERNASA. Adapun cara penggunaan SUPERNASA adalah sebagai berikut : Satu botol SUPERNAS  di encerkan dalam dua liter air sebagai larutan induk. Kemudian setiap 1 liter air di beri 10ml larutan induk tadi di siramkan di setiap pohon.
Beri mulsa jerami, daun kelapa atau daun-daun yang bebas penyakit di sekitar bibit. Letakkan mulsa sedemikian rupa agar mulsa tidak menyentuh batang, untuk menghindari kebusukan batang. Sebelum tanaman berproduksi dan tanaman saling menaungi , bisa di tanami tanaman sela baik kacang-kacangan/ sayur. Setelah tajuk saling menutupi, tanaman sela di ganti dengan rumput / tanaman legum penutup tanah yang sekaligus berfungsi sebagai penambah nitrogen bagi tanaman jeruk.

IV. PEMELIHARAAN TANAMAN

4.1. Penyulaman
Di lakukan pada tanaman yang tidak tumbuh.

4.2. Penyiangan
Gulma di bersihkan dengan frekuensi pertumbuhannya, pada saat pemupukan juga di lakukan    penyiangan.

4.3. Pembubunan
Jika di tanam di tanah berlereng, perlu di perhatikan apakah ada tanah di sekitar perakaran yang tererosi. Penambahan tanah perlu di lakukan jika pangkal akar mulai terlihat.

4.4. Pemangkasan
Pemangkasan bertujuan untuk membentuk tajuk pohon dan menghilangkan cabang yang sakit, kering dan tidak produktif. Dari tunas-tunas awal yang tumbuh biarkan 3-4 tunas dengan jarak seragam yang kelak akan membentuk tajuk pohon. Pada pertumbuhan selanjutnya, setiap cabang memiliki 3-4 ranting atau kelipatannya. Bekas luka pangkasan di tutup dengan fungisida atau lilin untuk mencegah penyakit. Sebaiknya celupkan dulu gunting pangkas dengan alkohol. ranting yang sakit di bakar atau di kubur dalam tanah.

4.5. Pemupukan Susulan


Umur
(TH)
Dosis pupuk makro( gram / pohon)
Urea
TSP
KCL
1
80
170
170
2
160
325
250
3
250
500
325
4
325
170
425
5
400
210
500
6
500
250
600
7
600
300
700
8
700
325
780
9
780
390
850
10
850
450
900
> 10
Sebaiknya di lakukan analisis tanah
Dosis POC NASA pada awal tanam :
0 – 3
2 – 4 ttp / diencerkan secukupnya dan di siramkan pada sekitar pangkal batang setiap 4 – 5 bulan sekali
> 3
3 – 5 ttp / di encerkan secukupnya dan di siramkan pada sekitar pangkal batang setiap 3 – 4 bulan sekali

 Catatan: Akan lebih baik jika pemberian di selingi/ di tambah SUPERNASA 1 - 2 kali / tahun dosis satu botol untuk 200 pohon. Cara lihat pada tehnik penanaman ( poin 3.1.2.2 )
           
4.6. Penggunaan HORMONIK
HORMONIK dapat di berikan terutama setelah tanam berumur 2 tahun, atau di berikan sejak awal lebih bagus. Caranya melalui penyiraman atau penyemprotan bersama dengan POC NASA ( 3-5ttp POC NASA di tambah 1 ttp HORMONIK )

4.7. Pengiran dan Penyiraman 
Penairan jangan berlebihan. Pengairan di berikan minimal 1 kali dalam seminggu pada musim kemarau. Jika air kurang tersedia, tanah di sekitar tanaman digemburkan dan di beri muksa.

4.8. Penjarangan Buah
Pada saat pohon jeruk berbuah lebat, perlu di berikan penjarangan supaya pohon mampu mendukung pertumbuhan, bobot buah serta kuwalitas buah. Buah yang di buang meliputi: buah sakit, tidak terkena sinar matahari ( dalam kerimbunan daun ) dan kelebihan buah di dalam satu tangkai. Hilangkan buah di ujung kelompok buah dalam satu tangkai utamakan dan sisakan hanya 2-3 buah.

V. HAMA DAN PENYAKIT

5.1. Hama

  1. Kutu lomcat ( diaporina citri )                                                                                                       Bagian yang di serang : tangkai, kuncup daun, tunas, daun muda.                                               Gejala : tunas keriting, tanaman mati,                                                                                       pengendalian : menggunakan PESTONA atau Natural BVR. Penyemprotan di lakukan menjelang dan saat bertunas, buang bagian yang terserang.
  2. Kutu daun ( Toxoptera Citridus Aurantii, Aphis gossiypii)                                                             Bagian yang di serang: Tunas muda dan bunga                                                                         Gejala: daun menggulung dan membekas sampai daun dewasa.                                               Pengendalian: menggunakan PESTONA dan NATURAL BVR.
  3. Ular Peliang Daun ( Phillocnistis chitrella )                                                                               Bagian yang di serang: daun muda.                                                                                           Gejala: alur melingkar,transparan, dan keperakan, tunas atau daun muda mengkerut, menggulung dan rontok.                                                                                                     Pengendalian: semprotkan dengan PESTONA. Kemudian daun di petik dan di benamkan dalam tanah.
  4. Tungau( Tenuipalsus sp, Eriophyes sheldoni Thetranychus sp)                                                   Bagian yang di serang: tangkai daun dan buah.                                                                         Gejala: bercak keperak-perakan atau coklat pada buah dan bercak kuning atau coklat pada daun.                                                                                                                                               Pengendalian: semprot dengan PESTONA atau Natural BVR.
  5. Penggerak buah (Chitipestis sagittiferella)                                                                               Bagian yang di serang: buah                                                                                                 Gejala: lubang gerekanbuah keluar getah.                                                                                     Pengendalian: memetik buah yang terinfeksi, di semprot dengan PESTONA pada buah berumur 2-5minggu.
  6. Kutu penghisap daun ( Helopeltis antonii)                                                                               Bagian yang di serang: tunas,daun muda dan pentil.                                                                 Gejala: bercak coklat kehitaman dengan pusat berwarna lebih terang pada tunas dan buah muda.bercak di sertai keluarnya cairan buah yang menjadi nekrosis.                                     Pengendalian: semprot dengan PESTONA.
  7. Thrips ( Scirtotfrips citri)                                                                                                         Bagian yang di serang: tangkai dan daun muda.                                                                     Gejala: helai daun menebal, tepi daun menggulung ke atas, daun di ujung tunas menjadi hitam, kering dan gugur, bekas luka berwarna coklat keabu-abuan kadang di sertai nekrotis.       Pengendalian: menjaga agar tajuk, hindari menggunakan mulsa jerami. Kemudian gunakan PESTONA dan Natural BVR.
  8. Kutu dompolan ( Planococcus citri )                                                                                       Bagian yang di serang: tangkai buah                                                                                     Gejala: berkas berwarna kuning, mengering dan buah gugur.                                                       Pengendalian: gunakan PESTONA atau Natural BVR. Cegah datangnya semut sebai vektornya kutu.
  9. Lalat biah ( Dacus sp)                                                                                                             Bagian yang di serang : buah yang hampir masak.                                                               Gejala: lubang kecil di bagian tengah, buah gugur, belatung kecil di bagian dalam buah.           Penendalian: gunakan perangkap lalat buah.
5.2. Penyakit
  1. CVPD                                                                                                                                   Penyebab: Bacterim like organism dengan vektor kutu loncat Diaporina citri. Bagian yang di serang: silinder pusat ( phloem ) batang. Gejala: daun sempit, kecil, lancip, buah kecil,asam, biji rusak dan pangkal biah oranye.Pengendalian: ginakan bibit tanaman bebas CVPD. Lokasi kebun minimal 5 km dari kebun jeruk yang terserang CVPD. Gunakan PESTONA atau Natural BVR untuk mengendalikan vektor.
  2. Blendok                                                                                                                               Penyebab: jamur diplodia natalensis.Bagian yang di serang: batang atau cabang. Gejala: kulit ketiak cabang menghasilkan gom yang menarik perhatian kumbang, warna kayu jadi keabu-abuan, kulit kering dan mengelupas.Pengendalian: cabang terinfeksi. Bekas potongan di olesi POC NASA + HORMONIK+ NATURAL GLIO. POC NASA dan HORMONIK bukan berfungsi mengendalikan blendok, namun dapat meningkatkan daya tahan terhadap serangan penyakit. 
  3. Embun Tepung                                                                                                                         Penyebab: Jamur oidium tingi tanium.Bagian yang di serang: daun dan tangkai muda.       Gejala: tepung berwarna putih di daun dan tangkai muda.Pengendalian: Gunakan Natural GLIO pada awal tanam.
  4. Kudis                                                                                                                                               Penyebab: Jamur Spaceloma Fawcetti. Bagian yang di serang : daun, tangkai atau buah.             Gejala : bercak kecil jernih yang berubah menjadi gabus yang berwarna kuning atau orange. Pengendalian : pemangkasan teratur, gunakan Natural GLIO pada awal tanam.
  5. Busuk buah                                                                                                                           Penyebab : penicillium spp, phytophtora citriphora, Botriadiplodia theobromae. Bagian yang di serang : buah. Gejala : terdapat tepung-tepung padat berwarna hijau kebiruan pada permukaan kulit. Pengendalian: hindari kerusakan mekanis, gunakan Natural GLIO awal tanam
  6. Busuk akar dan pangkal batang                                                                                                 Penyebab : jamur Phairophthora nicotianae. Bagian yang di serang : akar, pangkal batang serta daun di bagian ujung.Gejala: tunas tidak segar,tanaman kering,Pengendalian: Pengolahan dan pengairan yang baik. sterilisasi tanah pada waktu penanaman, buat tinggi temperatur minimal 20cm dari permukaan tanah. gunakan Natural GLIO pada awal tanam.
  7. Buah gugur prematur                                                                                                               Penyebab: Jamur Fusarium sp, Alternatia sp. Bagian yang di serang: buah dan bunga.       Gejala : 2-4 minggu sebelum panen buah gugur, Pengendalian : gunakan Natural GLIO pada awal tanam.
  8. Jamur Upas                                                                                                                           Penyebab: Upasia salmonikolor.Bagian yang di serang : batang. Gejala : retakan melintang pada batang dan keluarnya gom, batang kering dan sulit di kelupas. Pengendalian : kulit yang terinfeksi di kelupas dan di olesi fungisida yang mengandung tembaga atau belerang, kemudian potong batang yang ternfeksi.
Catatan : Jika pengendalian hama dan penyakit menggunakan pestisida alami belum mengatasi dapat menggunakan pestisida kimia yang di anjurkan. Agar penyemprotan pestisida kimia lebih merata dan tidak mudah hilang oleh air hujan tambah perekat dan perata AERO 810 doses 1/2 tutup per trangki.

Buah di panen saat masih optimal saat umur 28-36 minggu, tergantung jenis dan varietasnya. Buah di petik menggunakan gunting pangkas.

Pemesanan Produk natural nusantar hubungi 

Budianto / rindra 

Pin Bbm : D1C26578
Sms/wa/telf : +85298598174 / 085232128980

Add facebook kami 
https://www.facebook.com/emi.liana.31586

web:
http://www.agenpocnasa.com/




0 comments:

Post a Comment

Flag Counter